Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Kecamatan Kedewan Bojonegoro © 2014
KAWASAN WISATA SUMUR TUA WONOCOLO, DIRESMIKAN BUPATI BOJONEGORO SEBAGAI WISATA EDUKASI MIGAS

Pagi ini, 27 April 2016 masyarakat di wilayah Kecamatan Kedewan berbondong-bondong datang di lokasi sumur alang-alang D138, Desa Wonocolo. Berbagai persiapan di lokasi telah dilakukan beberapa hari sebelum acara dilaksanakan, baik oleh jajaran pihak kecamatan Kedewan, desa setempat maupun oleh Pihak Ketiga. Lokasi Penambangan Minyak tradisional di Sumur Tua Wonocolo dibuka sebagai tujuan wisata edukasi migas yang disebut Petroleum Geo Heritage Wonocolo.

Soft launching desa wisata wonocolo, dihadiri oleh Drs. Suyoto, M. Si (Bupati Bojonegoro), Jajaran Forpimda Kabupaten Bojonegoro, Bapak Rony Gunawan (Direktur Pertamina EP), Bapak Amien Sunaryadi (Kepala SKK Migas) dan Bapak Endro Koesdjianto (Adm Perhutani KPH Cepu), serta tidak ketinggalan para undangan dari berbagai Dinas dan SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Pada kesempatan tersebut Bupati Bojonegoro menyampaikan, “Bagi yang ingin belajar tentang energi terbarukan maupun tidak terbarukan maka tempatnya adalah di Bojonegoro. Mulai dari pengolahan minyak yang modern maupun yang tradisional ada di Bojonegoro”. Di Kawasan Wisata Wonocolo pengunjung dapat menyaksikan dan merasakan langsung penambangan minyak secara tradisional, pengolahan hingga pemanfaatan minyak yang semuanya masih tradisional.

Pengembangan Geo Heritage di Bojonegoro ini secara khusus akan mengangkat tentang petroleum system. Karena di Bojonegoro banyak ditemukan kekayaan sumber daya alam minyak dan gas bumi, khususnya di lokasi sumur tua Wonocolo. Sumur tua Wonocolo in akan menjadi percontohan desa wisata baru, sebagai Texas-nya Indonesia. Karena itu disebut dengan TEKSAS (Tekad Selalu Aman dan Sejahtera) Wonocolo.

Tidak hanya edukasi tentang migas, yang menampilkan eksotika penambangan minyak tradisional, Kawasan Wisata Wonocolo juga menyajikan beberapa objek menarik bagi pengunjung. Bagi yang ingin memacu adrenalin, tersedia Jeep Adventure, Trail Adventure dengan medan/track yang menantang. Tidak ketinggalan pula track untuk penggemar sepeda berupa mountain bike, funbike dan downhill. Tersedia pula bumi perkemahan dan outbound complex dengan luas kurang lebih 10 hektar, yang dapat menjadi arena jungle Kids, flying fox, outbound training dan permainan alam lainnnya. Dan banyak sekali spot indah dan menarik untuk berfoto-foto maupun selfie, yang tidak didapati di lokasi lain. Bagi penikmat kuliner tidak ketinggalan beberapa menu khas setempat, pelepas penat yang dapat memanjakan lidah pengunjung.

Penasaran dengan Kawasan Wisata Sumur Tua Wonocolo? Ajaklah Saudara, Sahabat dan handai taulan untuk menikmati eksotika Sumur Tua Tradisional…

 

#Kedewan@syafhpai